Thursday, August 12, 2010

NISSAN UCI Mountain Bike World Cup Fort William DH – 4X





Lanjutan seri Nissan UCI MTB downhill 2009 akan berlangsung di Fort William Scotlandia akhir pekan ini 6/6/2009. Fort william akan menjadi ajang bersaing rider MTB dari seluruh dunia. Jenis kejuaraan yang berlangsung seri ini antara lain: seri DH (downhill), 4x (Cross), Trials.



Yang paling menonjol dalam setiap event UCI Mountain Bike adalah seri kejuaraan DH downhill, dimana rider-rider MTB dari berbagai negara dan tim bersaing ketat merajai event tersebut. SantaCruz Syndicate, Monster Energy Specialized, KHS Team, Animal Commencal merupakan tim-tim besar dengan rider MTB yang terkenal, sebut saja Greg Minnaar, Sam hill, Gee Atherton, legenda downhill Steve Peat.

Dalam even sebelumnya di Madrid The legend Steve Peat merajai urban downhill yang berlangsung, Peat telah memenangkan 2 kali berturut kejuaran downhill dunia tahun ini. Dalam race kali ini yang berlangsung di Fort william Steve Peat merupakan rider tuan rumah, akankah peat mampu kembali merajai event tersebut. Bersama Greg minnaar yang merupakan rekan satu tim di Santa Cruz Syndicate pasti akan berjuang untuk merajai lanjutan downhill series kali ini.

Greg Minnar dan Peat sama-sama pernah merajai di Fort william akan tetapi rider Australia Sam Hill, Mick Hannah juga tidak bisa di anggap remeh keduanya pernah juga menjadi juara di Fort William.



Berikut rider MTB yang pernah menjadi juara di Fort William :



2002 World Cup

Men: Chris Kovarik (AUS)

2003 World Cup

Men: Cedric Gracia (FRA)

2004 World Cup

Men: Greg Minnaar (RSA)

2005 World Cup Finals

Men: Steve Peat (GBR)

2006 World Cup

Men: Sam Hill (AUS)

2007 World Champion

Men: Sam Hill (AUS)

2008 World Cup

Men: Greg Minnaar (RSA)

Melihat dari Statistic diatas kemungkinan besar akan terjadi persaingan ketat antara Minnar, Peat dan Sam Hill, tidak menutup kemungkinan underdog rider seperti Brendan Fairlough, Gee Animal Atherton, menjadi kuda hitam yang mampu merepotkan Santa Cruz dan Specialized.

Ajang ini juga merupakan ajang bersaing vendor MTB dan Part-part pendukungnya, Shimano, Rock Shock, SRAM dll akan hadir di event ini.