Wednesday, August 18, 2010

Campagnolo – salah satu pembuat komponen sepeda terbaik didunia

Salam Gowes!

Campagnolo, vendor pembuat grupset dan wheelset yang sudah malang melintang didunia cycling selama puluhan tahun. Campagnolo terkenal karena produk-produknya yang mumpuni terutama komponen untuk roadbike. Banyak sekali vendor pembuat sepeda balap (roadbike) yang mengemas produk-produk mereka dengan komponen buatan Campagnolo. Tidak ketinggalan banyak sekali Pro team yang berlaga di Pro Tour mempercayakan Campagnolo ketika pembalap mereka berlaga diajang race dunia. Astana, Quick Step, Casie d’Erpagne, Silence Lotto adalah beberapa Team besar yang sampai saat ini masih mempercayakan Campagnolo dibeberapa komponen roadbike yang mereka gunakan.



Campagnolo S.r.l mendesain, memproduksi dan mendistribusikan komponen High-end roadbike. Hingga saat ini Campagnolo telah hadir dilebih di tiga puluh negara dengan lima cabang utama dan sembilan lab riset yang tersebar diseluruh dunia. Head Quarter atau markas Campagnolo terletak di Vicensa Italia dan telah memperkerjakan lebih dari 690 pekerja.



Pada bulan Maret 2003, Campanolo mulai merambah sportwear (jersey) bersepeda berlabel Campagnolo Sportwear S.r.l. Dominasi Campagnolo semakin berlanjut, pada juli 2004 Campagnolo mendirikan Fulcrum Wheels S.r.l, yang memproduksi Wheelset untuk sepeda balap. Fulcrum terus berkembang hingga saat ini, MTB menjadi sasaran baru dengan memproduksi Wheelset untuk Sepeda gunung. Meskipun baru, Fulcrum cukup mendapat tempat diajang persaingan Wheelset, banyak penggemar roadbike maupun MTB mulai menggunakan Fulcrum, suara freewheelnya yang nyaring  memberikan kesan mewah pada komponen roda tersebut.



Tullio Commendatore Campagnolo


Bagaimanakah awal mula Campagnolo didirikan hingga tetap bisa eksis diajang persaingan tekhnologi komponen sepeda yang semakin ketat. CAMPAGNOLO didirikan pada tahun 1933 oleh Tullio Commendatore Campagnolo, sejak didirikan Campagnolo S.r.l memegang tiga konsep dasar yang menjadi modal Campagnolo tetap eksis hingga saat ini yaitu, kinerja, inovasi teknologi, dan kualitas produk dan jasa.

Campagnolo hingga saat ini telah mengekspor 73% produk mereka ke beberapa negara besar seperti USA, Benelux, Jerman, Prancis dan Spanyol. Merupakan hasil yang luar biasa yang dicapai perusahaan asal Vicentine Italia tersebut, masa sulit ekonomi dan politik dapat mereka lalui dengan mulus.



RD - Campagnolo Super Record 


Campanolo, merupakan produk yang dibuat dengan teknologi yang paling infovatif dalam proses pembuatannya. Kualitas bahan yang prima mengaplikasi bahan dari teknologi AeroSpace. Serat Carbon, titanium dan allumunium kualitas tinggi.







Crankset - Campagnolo SuperRecord


Campagnolo telah mendominasi komponen sepeda yang berbahan allumunium selamam puluhan tahun, seiring berjalannya waktu Campagnolo mengembangkan teknologi berbahan Carbon. Hingga tahun 2008 Campagnolo telah membuat cranksets, front and rear derailleurs, integrated controls, headsets, seatposts, bottle cages dan high and low-profile wheels yang semuanya terbuat dari Carbon fiber.



Shifter Levers - Campagnolo 


Campagnolo terkenal karena inovasi, kualitas dan kinerja. Produk-produk Campagnolo menjadi tolok ukur desain komponen roadbike hingga saat ini. Hal tersebut dibuktikan dengan penghargaan Compasso d’Oro award dari dari Associazione Desain Italiano.

Penghargaan tersebut sebagai apresiasi terhadap produk-produk kualitas tinggi Campagnolo yaitu Veloce groupset, Ergopower integrated controls dan Shamal high-profile wheels.

Campanolo S.r.l tidak hanya menjadi bintang dikalangan industri sepeda balap, campagnolo mendapat pengakuan dari Wallstret Journal sebagai salah satu merek olahraga paling terkemuka di dunia.

Reputasi Campagnolo tidak hanya diperoleh dari keberhasilan diajang balap Pro Tour dunia yang sudah tidak terhitung jumlah gelar yang diraih, tetapi juga berdasarkan perhatian public yang diberikan terhadap kualitas dan layanan yang membuat Campagnolo berbeda dengan perusahaan lain yang sejenis.

Shimano dan SRAM adalah dua kompetitor utama Campagnolo hingga saat ini, untuk itu hingga saat ini Campagnolo terus mengembangkan produk-produk baru dengan teknologi tinggi. Grupset berlabel; Super Record, Record, Chorus, Athena, Centaur, Veloce dan beberapa komponen khusus lainnya menjadi andalan Campagnolo.





High Profile WH Campagnolo


Tidak hanya Grupset, Campagnolo juga mempunyai komponen roda (Wheelset) yang tidak main-main. Wheelset mulai high-profile hingga low-profile seperti Bora, Ghibli dan pista banyak digunakan para pembalap dunia.



Go Goweser Indonesia!