Tuesday, August 17, 2010

Tips dan Trik memilih Wheels set Mavic



Salam Gowes!

Mavic merupakan salah satu vendor supplier komponen sepeda yang tidak diragukan lagi produknya. Mavic lebih dikenal dengan produk whells set (komponen roda) baik untuk sepeda balap (road bike) ataupun Sepeda Gunung (MTB).

Apabila anda berencana membeli roda (whellset) dari Mavic wheels set untuk untuk meningkatkan performa (upgrading) sepeda balap atau sepeda gunung, kami coba untuk berikan beberapa Tips dan Trick tentang perbedaan model wheelset (komponen roda) dari Mavic dan fungsinya.



Memang tidak mudah untuk menentukan model mana yang cocok karena seri dan model dari Mavic whells set tidak memiliki urutan yang selalu sama dan dapat diprediksi (misal shimano atau yang lain).

Ketika anda mulai menjadi pembalap yang semakin ahli, ikut berkompetisi atau mulai serius dalam bersepeda baik road bike maupun MTB, maka tentunya akan lebih mudah dalam memilih roda sepeda balap atau sepeda gunung yang cocok untuk dengan pola berkendara anda.

Namun untuk pemula seperti juga penulis, biasanya akan mencari tahu informasi tersebut dari diskusi dengan teman sesama pesepeda atau seseorang ahli dalam klub sepeda anda.

Jadi apabila saat ini adalah pertama kalinya anda untuk melakukan penggantian roda, tips berikut ini paling tidak dapat memberikan sedikit gambaran perbedaan antara beberapa model roda untuk sepeda balap dan sepeda gunung dari Mavic.

Mavic Wheels Set road (sepeda balap)

Kita mulai dari wheelset untuk sepeda balap, yang biasanya akan berkurang bobotnya sebanding dengan harganya. Semakin mahal maka semakin ringan.

Mulai dari yang paling murah adalah Aksium (entry level), kemudian terdapat 4 (empat) model dari Ksyrium yaitu Ksyrium Equipe, Ksyrium Elite, Ksyrium SL, Ksyrium SL Premium, serta model terakhir yang super ringan adalam Ksyrium R-Sys.

Dalam kategori ini juga terdapat Mavic Cosmic dan Mavic Cosmic Carbone, yang desainnya sangat memperhitungkan faktor kecepatan dan akselerasi.

Menggunakan test aerodinamis dalam pembuatannya dengan sangat teliti untuk mendapatkan profil roda yang tepat.

Meskipun tidak lebih ringan daripada Ksyrium R-Sys namun mempunyai kelebihan dalam minimnya inertia dari hasil profil desainnya.

Mavic Wheels Mountain Bike (sepeda gunung MTB)

Selanjutnya kita liat jajaran roda Mavic untuk sepeda gunung, yang diklasifikasikan dalam beberapa kategori sesuai peruntukannya Cross Country, Enduro, Freeride, dan balap Downhill.

Karena kegunaannya yang berbeda-beda, terkadang harus dapat menahan goncangan, bahkan dalam tingkat yang sangat ekstrim, maka beberapa roda-roda tersebut dibuat dengan mempertimbangkan perhitungan antara faktor kekuatan dan faktor bobot.

Pertama kita mulai dari Cross Country kita temui model Mavic Crossmax, Crossmax SL, dan yang paling terakhir adalah Crossmax SLR.

Yang kedua adalah Crossride yang digunakan untuk off road sepeda gunung biasa. Tipe ini adalah entry level dengan harga yang spesial.

Pada tingkat selanjutnya kita temui Mavic Crosstail yang juga masih sangat umum bisa digunakan untuk off road. Dimana dalam model ini terdapat juga level kelas atas dengan ruji (spokes) aerodinamis dan bahan special alloy untuk rim. Roda ini juga bisa digunakan untuk tipe ban tanpa tube (tubeless).

Dalam kategori downhill dan freeride ditemui dua model yaitu Mavic Deemax dan Mavic Deetraks. Bobot Deemax cukup berat karena didesain agar tahan terhadap goncangan dan siksaan medan. Sedangkan Deetraks adalah roda khusus dengan rim lebar untuk freeride, mungkin model ini

adalah yang paling tangguh.

Demikian sedikit gambaran beberapa model roda dari Mavic dari masing-masing model dan kegunaannya. Semoga dapat memberikan bekal bagi anda dalam memilih mana yang cocok untuk anda dan kebiasaan bersepeda anda.



Go Goweser Indonesia!