Friday, May 28, 2010

Specialized Swork Tarmac SL 3 – edisi 2010

Salam Gowes !
Specialized secara resmi telah meluncurkan produk terbaru mereka menjelang 2010 yaitu Specialized Tarmac SL 3. Belum banyak informasi mengenai sepeda balap terbaru specialized ini. Web resmi specialized.com melansirnya lewat micositenya di link berikut : specialized microsite. Tarmac SL 3 sebenarnya telah digunakan para pembalapnya di ajang Tour de France 2009 dan Giro d’Italia 2009 akan tetapi dengan tampilan mirip dengan SL 2. Saxo Bank dan Quick Step telah mencobanya diajang TDF 2009.


Specialized memang selalu unggul untuk urusan desain sepeda balap. Bentuk geometri yang khas berbeda dengan sepeda dari pabrikan lain. Tiga hal yang diunggulkan pada Specialized Tarmac SL 3 – 2010, pertama bobot frame yang ringan, kedua lebih kuat (stiffness) dan ketiga Handling (control) yang nyaman.




Frame Specialized Tarmac SL 3 - Foto Specliazed.com


Kokoh dan kuat berarti frame menjadi berat, Engginer (teknisi) specialized menjawabnya dengan Tarmac SL 3, teknologi pembuatan frame dan crankset menjadi focus para teknisi specialized. Untuk bagian Crankset khususnya Specialized telah lama mengaplikasinya pada Seri Tarmac SL 2 yaitu S-work Crankset.




Crankset Specialized Tarmac SL 3 - Foto specialized.com


Frame Swork Tarmac SL 3 dan Crankset S-works telah menggunakan tekhnologi FACT (Functional Advanced Carbon Technology). Tarmac SL 3 mengaplikasinya pada semua bagian Frame.




Crank System Tarmac SL 3 - Foto Specialized.com


Pada bagian Headset (bagian poros kemudi) penghubung antara frame dengan fork juga telah menggunakan FACT, tidak hanya itu Tarmac SL 3 juga menerapkannya pada bagian rumah BB (Buttom Bracket). Pada bagian BB, frame Tarmac SL 3 dapat menampung ceramic bearing ukuran 42mm.




ChainStay Tarmac SL 3 - Foto Specialized.com


Seatstay (segita bagian belankang frame) terlihat lebih kokoh di bandingkan Tarmac SL 2 terutama di bagian chainstay, seatstay terhubung langsung dengan rumah BB tanpa potongan. Specialized Tarmac SL 3 – 2010 berusaha mengakomodir para pembalap tipe sprinter dan climber.




HeadTube Specialized Tarmac SL 3 - Foto Specialized.com


Tidak hanya memfokuskan pada berat dan kekuatan frame, specialized Tarmac SL 3 juga memberikan perhatian khusus pada Control sepeda (handling). Tarmac SL 3 Fork depan terlihat lebih lancip dan tajam dengan ukuran 1-1/8″ dan 1.5″ dibagian atas fork.






Lab Tes Tarmac SL 3 - Foto Specialized.com


Specialized juga telah melakuan test pada produk baru mereka tersebut, tes dilakukan di Laboratorium Specialized di Morgan Hill dengan melakukan uji kekuatan 24jam sehari. Para pembalap dari Saxo Bank dan Qick Step seperti Fabian Cancellara, Tom Boonen , 2 bersudara Andy/Frank Schleck diikut sertakan dalam testing S-Work Tarmac SL 3.




Berikut Table komparasi Berat Frame Specialized Tarmac SL 3 dengan Produk lain :




Table Komparasi Frame Tarmac SL 3 - Foto Specialized.com


Specialized belum merlis berapa harga frame maupun Fullbike Specliazed Tarmac SL 3 – 2010. Jika harga frame Tarmac SL 2 sekitar $2900 kemungkinan harga frame Tarmac SL 3 tidak jauh berbeda. Berminat? mari kita tunggu Tarmac SL 3 di pasar indonesia, specialized.com menggunakan semboyan baru pada TARMAC SL 3 yaitu The Best Of Three Worlds : Light, Stiff dan Responsive.




Sepeda yang bagus kan.
Go Goweser Indonesia!